Skip to main content

6 Jenis Makanan yang Bikin Penuaan Dini

6 Jenis Makanan yang Bikin Penuaan Dini | Bagi anda yang sangat peduli terhadap penampilan kulit wajah tentu saja tidak ingin kulit tampak keriput sebelum waktunya. Ada banyak penyebab yang membuat wajah tampak keriput atau penuaan dini. Jika pada posting sebelumnya membahas tentang 5 cara mencegah penuaan dini, maka kali ini adalah penyababnya dan salah satu faktor adalah dari makanan. Berikut 6 jenis makanan yang bikin penuaan dini.


Selama ini, Anda mungkin rajin merawat kulit dengan berbagai produk kecantikan. Namun, entah kenapa penampilan bukannya terlihat lebih muda, malah sebaliknya. Sementara kalau melihat teman, Anda sungguh iri karena dia bisa terlihat awet muda padahal kepeduliannya dalam merawat kulit tidak sebesar Anda. Kenapa dia bisa begitu sementara Anda tidak?

Menurut para ahli kesehatan dan nutrisi, penampilan yang terlihat lebih tua maupun lebih muda itu bisa dipengaruhi oleh faktor makanan. Sejauh mana Anda sering mengonsumsi makanan tertentu dan menghindari jenis makanan lainnya.

Menurut Peggy Kotsopoulos, ahli nutrisi sekaligus penulis buku berjudul Must Have Been Something I Ate, Selain itu, ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya dihindari dalam menu sehari-hari, agar kulit tidak cepat terlihat tua:

Gula dan lemak trans
Kedua bahan ini banyak ditemukan dalam makanan yang telah diproses, serta dalam makanan cepat saji. Konsumsi gula secara berlebihan bisa mengurangi kekenyalan dan kelenturan kulit. Akibatnya, kulit akan lebih cepat keriput dan terlihat lebih tua. Sementara lemak trans dapat menyumbat dan mengeraskan pembuluh darah, sehingga bisa menimbulkan hasil yang serupa.

Makanan yang digoreng atau barbecue
Jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng dalam banyak minyak, dipanggang, maupun barbecue, bisa berpengaruh terhadap kolagen di kulit, sehingga bisa lebih cepat keriput, begitu kata ahli diet Dina Khader, yang juga penulis buku The Food Combining/Blood Type Diet Solution.

Minuman yang dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi
Contohnya adalah minuman berkafein seperti kopi, lalu alkohol, dan soda. "Selain itu, konsumsi garam secara berlebihan juga dapat membuat Anda dehidrasi. Sementara dehidrasi terus-menerus dapat membuat kulit mengkerut serta mudah kusam," kata Kotsopoulos.

Menjaga konsumsi makanan sehari-hari dapat membantu Anda memperbaiki kondisi kulit sehingga bisa tampak lebih muda. Berikut adalah daftar makanan yang dianjurkan Kotsopoulos:

Anggur merah, blackcurrants, dan goji beri
Jenis buah-buahan ini mengandung polifenol, yaitu sejenis antioksidan yang memiliki begitu banyak manfaat, kata Kotsopoulos. Goji beri termasuk buah-buahan yang dapat menunjang kecantikan, karena dapat membantu memperbaiki tampilan kulit sekaligus mengandung bahan-bahan antiaging.

Daun parsley, buah kiwi, dan sayur brokoli
Bahan makanan ini kaya akan vitamin C. "Seperti diketahui, vitamin C adalah salah satu antioksidan yang ampuh untuk kesehatan. Tidak hanya bisa melindungi Anda terhadap bahaya radikal bebas, vitamin C juga bisa menekan lonjakan hormon kortisol yang terjadi saat Anda bereaksi terhadap stres," kata Kotsopoulos.

Sayur bayam dan asparagus
Menurut Kotsopoulos, sayuran ini kaya akan copper, yaitu sejenis mineral di dalam tubuh yang berperan penting dalam memperbaiki kerusakan pada kullit akibat radikal bebas. Copper juga memicu produksi kolagen di dalam kulit. (sumber: female.kompas.com)

Baca juga: resep kue basah dan resep kue kering