Skip to main content

>5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Anda Cepat Lelah

>5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Anda Cepat Lelah | Apakah anda termasuk orang yang cepat lelah dan tidak memiliki semangat setiap hari? coba kenali dulu perilaku buruk anda yang tdidak disadari, karena ada kebiasaan dan perilaku yang membuat tubuh anda tidak fit dan mudah lelah. Salah satu kebiasaan buruk yang membuat anda cepat lelah adalah terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein dan soda. Berikut 5 kebiasaan buruk yang bikin anda cepata lelah

[Baca juga: Inilah alasan kenapa junk food jadi penyebab obesitas, Nexian Android Ultra Journey A891 spesifikasi dan harga, 5 manfaat tidur siang]


Apakah Anda melalui hari dengan semangat dan perilaku positif? Atau Anda merasa berat melangkah? Simak temuan terbaru dari National Sleep Foundation ini. Temuan itu menunjukkan dua-tiga orang dewasa di Amerika mengaku tidur kurang dari tujuh jam semalam.

Yahoohealth mencatat lima kebiasaan buruk yang membuat Anda lelah, yaitu:

1. Kecanduan Kopi dan Soda
Semua kafein yang terdapat pada kopi dan soda membuat Anda ketagihan, tetapi terlalu banyak kafein akan membuat kelenjar adrenalin menegang serta bisa mengakibatkan rasa lelah dan letih. Jika Anda sangat berselera terhadap produk-produk berkafein tinggi, maka akan semakin sulit memutuskan mata rantai kecanduannya. Jika Anda minum empat cangkir kopi dalam sehari, kini saatnya menghentikan kebiasaan ini.

2. Posisi Tubuh Tidak Baik
Sikap tubuh yang tidak baik merupakan masalah utama bagi kesehatan dan kelelahan. Dr. Adrian Couzner dari Chirosports, Sydney, menunjukkan kalau sikap tubuh yang tidak baik berkontribusi terhadap kelelahan pada tubuh yang bisa mengurangi mobilitas pada persendian dan otot sehingga menghabiskan energi Anda.

Saat Anda berada pada posisi yang salah, tubuh Anda akan bekerja lebih keras hanya untuk sebuah pergerakan yang mudah. Segeralah berdiri dan perbaiki posisi Anda saat duduk untuk menjaga energi Anda sepanjang hari

3. Susah Bernafas
Susah bernafas akan membatasi jumlah oksigen yang mengalir ke otak dan tubuh sehingga bisa membuat Anda merasa lelah. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, perhatikan saat bernafas. Mudah untuk mengetahui kebiasaan sulit bernafas saat Anda tidak bergerak untuk beberapa jam. Ambil istirahat sesering mungkin untuk meregangkan tubuh, berjalan keliling sambil melakukan olahraga pernafasan, hingga membuat aliran oksigen normal.

4. Kudapan dari Makanan Cepat Saji
Nadine Saubers, penulis "The Complete Idiot's Guide to Fighting Fatigue", mengatakan memakan makanan cepat saji merupakan pemicu utama dari kelelahan. Memakan lebih sering masakan rumahan yang disajikan dan dimasak lama akan meningkatkan energi Anda pada tingkat yang tinggi.

5. Menahan Marah
Saat menguji kondisi fisik Anda, pastikan Anda tidak memendam emosi buruk yang bisa membuat kelelahan. Menahan marah atau tidak melepaskan tekanan dengan sehat bisa menyebabkan tekanan pada tubuh dan menguras energi Anda.

Berikan sedikit waktu pada diri Anda untuk berdamai dengan masalah-masalah emosional sehingga tidak akan mengganggu kehidupan Anda sehari-hari. Tindakan seperti berbicara kepada seseorang yang bisa dipercaya, menulis surat kepada orang yang membuat Anda marah dan tidak mengirimkannya, atau mendiskusikan masalah yang mengganjal pikiran merupakan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut dan melanjutkan hidup.(tempointeraktif.com)