Skip to main content

Perbandingan Ertiga vs Evalia

Suzuki Ertiga vs Nissan Evalia


Mobil mobil jenis MPV memang sangat laku di pasar Indonesia terbukti beberapa merk begitu mendominasi di pasar mobil MPV seperti Avanza dan Xenia, Merk merk lainnya yang dikeluarkan oleh Suzuki dengan andalanya Ertiga serta Nissan dengan Evalia menjadi pilihan yang menarik karena kedua mobil tersebut memiliki beberapa kelebihan. Bagaimana perbandingan Ertiga vs Evalia, mulai dari body, interior, hingga mesin. Perbandingan ertiga vs Evalia juga dilihat dari sisi harga berbagai varian. Bagi anda yang saat ini sedang mencari mobil MPV, yuk mari kita lihat perbandingan ertiga vs evalia
Perbandingan Ertiga vs Evalia
Dua mobil pendatang baru pada 2012, Suzuki Ertiga dan Nissan Evalia, rupanya terus mencoba menahan laju si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Seberapa lariskah Ertiga dan Evalia mampu bertengger di pasar model mobil keluarga atau MPV?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Ertiga yang meluncur pada April 2012 terjual 21.081 unit hingga September. Penjualan pada bulan September sendiri sebanyak 4.846 unit. Jenis mobil yang paling banyak terjual yaitu tipe GX (3.021 unit), GL (1.780 unit), dan GA (45 unit).

Sedangkan Nissan Evalia yang diluncurkan pada Juni 2012, hingga September telah terjual sebanyak 7.909 unit. Pada September, mobil dengan kapasitas tujuh penumpang itu terjual 2.066 unit, atau turun dibanding Agustus sebesar 2.410 unit.

Ertiga mengandalkan mesin K14B 1.4 liter bertenaga 95 daya kuda yang disalurkan pada roda depan dengan transmisi manual 5- speed. Beberapa waktu lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan akan menaikkan harga mobil pada Oktober ini. Direncanakan, kenaikan itu sebesar Rp2 juta untuk seluruh varian.

Saat ini, Suzuki Ertiga dibanderol Rp143 untuk tipe Etiga GA (tipe terendah), tipe GL Rp153 juta dan GX (tipe tertinggi) Rp165 juta. Bila mendapat harga baru, maka Ertiga GA akan dilepas Rp145 juta, GL Rp155 juta dan GX Rp167 juta.

Sedangkan jagoan terbaru Nissan, Evalia yang mengusung mesin HR15DE dengan 4 silinder berkapasitas 1,5 liter dan  memiliki 3 varian, yaitu XV, SV, dan S dengan rentang harga Rp145 juta - Rp185 juta. (sumber: otomotif.news.viva.co.id)

Baca juga: Daihatsu Ayla dan Toyota Agya