Skip to main content

Tips Supaya Rumah Tidak Bising

Tips Supaya Rumah Tidak Bising


Memiliki rumah yang nyaman dengan meminimalisir suara suara yang berasal dari luar rumah tentu akan menjadi keinginan bagi para penghuni rumah, suasana yang tidak bising karena suara suara yang membuat istirahat anda tidak maksimal. Ada beberapa tips supaya rumah mampu menangkal dan meminimalisir suara bising dari luar. Bagi anda yang memiliki rumah di kawasan padat penduduk atau apartemen dengan hunian yang banyak, menjadi kendala karena suara suara dari luar bisa terdengar dan membuat anda merasa jengkel. Jangan lupa cek juga tips sebelum membeli rumah bekas dan cara cepat menjual rumah. Berikut tips supaya rumah tidak bising.
Tips Supaya Rumah Tidak Bising
"Menyerap" suara
Jika ingin menghindari suara bising, Anda sebaiknya mengerti muara sebab suara bising tersebut bisa sampai ke telinga Anda. Suara pada dasarnya merembet melalui getaran. Untuk menghentikan getaran dan pantulannya, ada baiknya Anda memiliki barang-barang yang dapat "menyerap" suara.

Kebanyakan rumah-rumah modern memiliki barang-barang dengan permukaan keras dan kosong. Ini akan membuat memantulkan suara dan membuatnya terdengar lebih keras. Anda dapat dengan mudah menyelesaikan masalah ini dengan menambahkan banyak bantal dan karpet yang nyaman di ruangan Anda.

Melembutkan segalanya
Anda sudah mengetahui cara kerja suara. Kemudian, Anda juga tahu, bahwa suara akan dipantulkan oleh barang-barang dengan permukaan yang keras. Maka, cobalah menggunakan barang-barang dengan bahan lebih lembut di rumah Anda.

Hindari penggunaan kayu dan besi yang keras. Jika tidak dapat dihindari, Anda juga dapat melapisi kayu dan besi tersebut agar tidak memantulkan suara.

Cegah suara dari atap
Suara dari luar dapat masuk ke rumah dari pintu, jendela, dan atap. Memiliki ruang udara di atas plafon akan mengurangi suara dari luar rumah Anda.

Untuk jendela, Anda dapat menggunakan kaca dua lapis dan memasang tirai. Satu-satunya jalan untuk pintu Anda adalah menggunakan pintu yang tebal.
(sumber: properti.kompas.com)