Skip to main content

Perbandingan Android 4.1 Jelly Bean, iOS 6, Windows Phone 8

Perbandingan Android 4.1 Jelly Bean, iOS 6, Windows Phone 8 | Perang antar OS untuk smartphone dan tablet semakin ramai, terutama di 3 besar antar platform android Jelly bean yang diusung google, iOS yang di usung oleh Apple dan Windows Phone oleh Microsoft. Dari ketiga OS tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing, hanya saja saat ini Android merupakan OS yang paling laris karena diusung oleh banyak merek seperti Samsung, LG, Motorola dan merek lainnya, sedangkan iOS khusus eksklusif keluaran produk Apple seperti iPad dan iPhone. Sedangkan Windows Phone saat ini mulai diaplikasikan pada Nokia yang sudah kembali "siuman" setelah pasarnya diambil alih oleh Samsung dan merek lainnya. Berikut perbandingan Android 4.1 Jelly Bean, iOS 6 dan WP 8

Kabar gembira bagi pecinta ponsel Android, iPhone, dan Windows Phone. Tahun ini, akan dirilis versi terbaru dari sistem operasi yang dapat berjalan di ponsel pintar dan tablet.Android mengeluarkan versi 4.1 yang memiliki sandi Jelly Bean, Apple meluncurkan iOS versi 6, sedangkan Windows menelurkan Windows Phone 8 dengan kode Apollo.

Android 4.1 (Jelly Bean)

Update terbaru Android yang dirilis 27 Juni 2012 lalu, diklaim memiliki performa yang lebih cepat dibanding Android sebelumnya. Memiliki fitur terbaru Project Butter untuk meningkatkan transisi grafis menjadi lebih halus dan tidak lag.Jelly Bean juga memiliki fitur baru yaitu Google Now. Google Now pada dasarnya sama seperti Siri di Apple, yaitu berfungsi sebagai asisten pribadi yang akan memberi jawaban dari pertanyaan dan perintah yang diucapkan penggunannya. Namun ada syarat khusus yang harus dipenuhi untuk menggunakan layanan ini, yakni pengguna harus memiliki layanan paket data yang terkoneksi internet untuk menggunakannya

iOS 6

Tidak terlalu banyak perubahan yang terlihat di iOS 6. Kini iOS 6 sudah terintegrasi dengan Facebook. Dengan integrasi ini, penggunanya dapat meng-update status melalui Siri. Kamera di iOS 6 sudah memiliki autofocus, sehingga tidak perlu lagi menyentuh layar untuk menentukan titik fokus.Di iOS 6, Apple juga memasukkan fitur baru yang berguna saat Anda menolak sebuah panggilan telepon, Anda dapat segera membalas dengan pesan teks. Jadi saat sibuk, Anda tak perlu khawatir akan terganggu dengan bunyi telepon.

Windows Phone 8 (Apollo)

Windows Phone 8 hadir dengan teknologi yang diadopsi dari Windows 8. Windows Phone 8 telah support terhadap ponsel yang memiliki prosesor multi-core. Apollo juga telah support dengan 2 resolusi layar baru, yaitu 1280 x 768 dan 1280 x 720. Selain itu, kini juga dapat menggunakan MicroSD di ponsel Windows Phone 8.Sayangnya, bagi pengguna Windows Phone 7 dan 7.5 tidak dapat update ke Apollo. Pengguna harus membeli ponsel baru yang telah memiliki sistem Windows Phone 8 untuk menikmatinya.
(sumber: chip.co.id)