Skip to main content

>E-TOLL BAYAR JALAN TOL TANPA PERLU BERHENTI

>E-TOLL BAYAR JALAN TOL TANPA PERLU BERHENTI | Inovasi Jasa Marga untuk mengurangi dampak kemacetan akibat menumpuknya kendaraan saat membayar jalan tol akan dikurangi dengan tekhnologi terbaru yaitu e-Toll. E-Toll adalah sebuah layanan yang akan memudahkan para pengemudi pengguna jalan tol untuk membayar tol tanpa perlu memberhentikan mobil ataupun membuka kaca jendela. E-Toll ini adalah hasil kerjasama antara Bank Mandiri dengan pihak Jasa Marga. E-Toll akan menjadi solusi untuk mengurangi potensi kerugian akibat bayar tol secara manual. E-toll akan saat ini masih dalam tahap soft opening dan akan di lakukan secara luas pada tahun 2012.

[Baca juga: Curah hujan di Jakarta tinggi siap siap banjir, daftar 10 maskapai penerbangan AS yang bangkrut, daftar 13 klub yang ikut kompetisi IPL]

Bank Mandiri bersama Jasa Marga mengembangkan layanan transaksi pembayaran jalan tol dengan meluncurkan layanan e-Toll Card Non Stop. Dengan layanan ini, pengguna kartu e-Toll tidak perlu berhenti dan membuka kaca mobil. Layanan ini baru dapat dilakukan di Gardu Tol Otomatis Cililitan dan Cengkareng. Nantinya, e-Toll Non Stop akan dikembangkan di seluruh gerbang tol pada tahun 2012.

"Kami berharap langkah ini dapat mendukung kelancaran transaksi pembayaran jalan tol, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi tingkat kemacetan dan potensi kerugian yang terjadi akibat pembayaran tol secara manual," kata Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini, dalam acara peluncuran e-Toll Card Non Stop, di Jakarta, Rabu (30/11/2011).

Pada layanan ini, pengemudi hanya perlu melintasi gerbang tol dengan kecepatan 10 kilometer per jam. Setelah terdengar bunyi "bip-bip" di perangkat on board unit (OBU) yang terpasang di kaca depan, maka palang pintu gardu tol pun akan terbuka dan transaksi selesai.

Hingga Oktober 2011, jumlah kartu Mandiri prabayar e-Toll Card mencapai 420 ribu kartu. Ini naik 150 persen dari Oktober tahun lalu. Sementara transaksi tumbuh 117 persen pada rentang waktu yang sama. Zulkifli pun berharap, jumlah kartu mandiri prabayar e-Toll Card yang diterbitkan pada tahun depan bisa tumbuh 144 persen, dengan kenaikan jumlah transaksi mencapai 55 persen. (sumber: bisniskeuangan.kompas.com)