Skip to main content

>10 Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia

>10 Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia | Maskapai maskapai penerbangan internasional terus meningkatkan pelayanan terbaik, termasuk tingkat kenyamanan dan tingkat kemanan bagi para penumpang. Menikmati perjalanan jauh menggunakan pesawat dengant tingkat kemanan dan kenyamanan yang terjamin merupakan prestasi bagi setiap maskapai. Untuk maskapai internasional, bukan hal yang aneh jika kursi penumpang bisa dijadikan tempat tidur termasuk hiburan, koneksi internet, serta perangkat lainnya yang mendukung. Maskapai mana saja yang terbaik di seluruh dunia? Hasil jajak pendapat sebuah majalah pariwisata merilis daftar 10 maskapai penerbangan terbaik dunia.

[Baca juga: Sebastian Vettel juara seri GP F1 Marina Bay Singapura 2011, Pelaku bom bunuh diri di Gereja solo Dipastikan Tewas, Ledakan bom bunuh diri di gereja Solo Jawa Tengah]

Lelah habis liburan, saat pulang terbayang tidur di kursi pesawat. Tapi apa nyana yang ditemui kursi sempit di kabin yang tak bisa digunakan buat selonjoran. Kursi pesawat memang tidak dirancang untuk tidur. Begitulah, sampai Air New Zealand memperkenalkan "Sky Couch," kursi yang dirancang untuk berbaring pada kelas ekonomi.

Kenyamanan seperti ini merupakan satu alasan Air New Zealand terpilih sebagai maskapai terbaik ranking 4 di dunia menurut jajak pendapat 2011 yang digelar majalah perjalanan Travel and Leisure, Sabtu 24 September 2011. Ranking ini ditentukan pembaca majalah itu berdasar kenyamanan di kabin, layanan penerbangan, layanan pelanggan dan makanan.

Hasilnya, hanya dua operator Amerika Serikat yang daftar 10 besar. Maskapai asal Asia dan Timur Tengah operator mendominasi 10 besar, dengan skor yang sangat konsisten dari tahun ke tahun, seperti Etihad Airways dan United Arab Emirates.

Berikut daftar 10 maskapai terbaik tersebut

1. Singapore Airlines
Singapore Airlines dinilai konsisten menjaga layanan konsumen. Meskipun skornya turun sedikit dibanding tahun lalu, tapi masih memberikan layanan yang terbaik. Seperti Wi-Fi, hiburan video atau dan audio melalui iPod dan colokan USB untuk semua penumpang.

2. Emirates
Emirates tetap menduduki peringkat yang sama tahun lalu. Reputasinya yang dinilai lebih baik dalam layanan makanan dan tetap mempertahankan kehandalan layanan penerbangan dan layanan pelanggan. Pembaca memilih Emirates karena mskapai ini merupakan inovator dalam penyediaan layanan WiFi bagi laptop dan ponsel.

3.Etihad Airways
Etihad dinilai tertinggi pada seluruh aspek, kecuali dalam layanan penerbangan. Kenyamanan kursi berbaring di kelas ekonomi, layanan 600 jam hiburan dalam penerbangan, dan penumpang bisa mengecas atau bermain iPod melalui E-BOX System.

4. Air New Zealand
Peningkatan layanan kabin kenyamanan mendongkrak Air New Zealand dari posisi ketujuh tahun lalu. Maskapai ini mengenalkan Sky Couch, kursi di kelas ekonomi yang bisa digunakan untuk berbaring. Layanan makanan, penerbangan dan layanan pelanggan juga dinilai lebih baik.

5. Virgin America
Satu satunya maskapai Amerika Serika yang masuk lima besar. Maskapai didirikan Virgin Atlantic ini mengedepankan layanan, inovasi dan keramahan. Kombinasi tarif rendah dan teknologi memungkinkan penumpang untuk menggunakan perangkat online.

6. Virgin Atlantic Airways
Maskapai yang didirikan Sir Richard Branson terjun dari peringkat empat tahun lalu.Layanannya tetap dinilai bak. Hanya saja maskapai lain berubah lebih baik sehingga Virgin jatuh ke posisi enam.

7. Cathay Pacific Airways
Meski memperbaiki layanannya, tapi Cathay turun dua peringkat dari tahun lalu. Maskapai Cathay dinilai pembaca tetap menyenangkan. Kursi Fixed-Shell di kelas ekonomi tetap memungkinkan penumpang untuk rebahan.

8. All Nippon Airways
Masakapai dari Jepang ini naik tiga peringkat dari tahun lalu. Pembaca menilai kenyamanan kabin, layanan penerbangan, dan layanan pelanggan lebih baik. Bahkan sebelum maskapai ini memperkenalkan inovasi khusus toilet wanita dengan gaya Jepang.

9. Korean Air
Korean Air naik satu peringkat dibanding tahun lalu. Pembaca memberikan skor sedikit lebih baik di setiap kategori. Kursi kelas ekonomi juga dirancang leih lega. Selain itu colokan USB dan pengisi daya juga tersedian di setiap kursi. Menu makanan Cina, Korea, Jepang dan Barat juga meningkat.

10. Thai Airways International
Thai Airways bernasib seperti Virgin Atlantic Airways.
Layanannya membaik dalam tiap kategori. Layanan pelanggan, penerbangan dan makanan dinilai membaik. Maskapai ini menyediakan layanan perawatan anak-anak, dengan mainan gratis, permainan, dan buku-buku. Selain itu kabin kelas Ekonomi Premium pribadi juga lebih lega. Tapi maskapai lain dinilai melakukan lebih banyak perbaikan. Maka Thai jatuh dua peringkat dibanding tahun lalu.(sumber: tempointeraktif.com)