Skip to main content

>Kompetisi Liga Profesional 2011/20012 PSSI dibagi Jadi 2 Wilayah

>Kompetisi Liga Profesional PSSI dibagi Jadi 2 Wilayah | Pasca pengumuman 34 klub yang lolos mengikuti liga profesional level 1 format baru PSSI, maka PSSI membagi liga profesional level 1 dibagi menjadi 2 wilayah. Alasan dibagi menjadi 2 wilayah adalah luasnya wilayan Indonesia serta untuk menghemat biaya pengeluaran yang aka ditanggung klub dalam setiap melakukan pertandingan, juga banyankna klub yang lolos verifikasi. Setiap wilayah dibagi 16 klub. Berikut alasan PSSI membagi liga profesional jadi 2 wilayah

[Baca juga: 34 klub yang lolos verifikasi PSSI ikut Liga Profesional 2011-2012, Tim cook kandidat kuat pengganti Steve Jobs jadi CEO Apple]

PSSI memutuskan untuk membagi kompetisi profesional musim depan ke dalam dua strata, dengan strata teratasnya dibagi lagi ke dalam dua wilayah yang masing-masing berisikan 16 klub.

Demikian salah satu pernyataan dari Ketua bidang kompetisi PSSI Sihar Sitorus dalam pengumuman proses assesement di kantor PSSI, Kamis (25/8/2011). Berikut keterangan yang diumumkan Sihar terkait laporan assesement untuk kompetisi liga profesional PSSI musim 2011/12.

- Tidak ada satupun klub yang mampu memenuhi seluruh persyaratan klub profesional sesuai dengan standar Liga Champions Asia.

- Lebih dari 10 klub profesional dari musim lalu (ISL) tidak memiliki laporan keuangan yang telah diaudit.

- Klub yang telah menyerahkan deposit partisipasi atau bank garansi kepada PSSI berasal bukan dari level ISL dan Divisi Utama klasemen terakhir, tetapi dari Divisi di bawah.

- Selanjutnya Komite Kompetisi PSSI memutuskan membagi Kompetisi Profesional ke dalam dua strata:
1. Kompetisi Liga profesional strata 1 dibagi 2 wilayah, masing-masing wilayah berisi 16 klub. Total peserta 32 klub.
2. a) Liga profesional strata 2 dibagi 4 wilayah, masing-masing 12 klub. Total peserta 48 klub.
b) Karena level 2 masih butuh 10 klub tambahan dan memenuhi kuota tersebut, maka PSSI masih membuka kesempatan kepada 10 klub dari divisi 1 di luar klasemen musim lalu untuk ikut pada kompetisi level 2. Dengan catatan klub tersebut dapat memuni syarat yang telah diwajibkan (berbadan hukum PT).
(detiksport.com)