Skip to main content

>Perbandingan Mozilla Firefox dan Google Chrome

>Perbandingan Mozilla Firefox dan Google Chrome | Persaingan antar browser semakin sengit saja, terlebih google yang notabene sebagai raja dunia maya mengeluarkan browser andalanya yaitu google chrome. Hanya dalam beberapa tahun saja, google chrome telah menjadi salah satu browser yang paling banyak dipakai oleh netter diseluruh dunia. Bagaimana dengan firefox? Firefox juga sama terlebih di Indonesia Firefox merupakan browser yang paling banyak dipakai di Indonesia. Apa kelebihan dan kekurangan dari kedua browser tersebut? Berikut perbandingan antara Mozilla Firefox dengan Google Chrome

[Baca juga: Download Mozilla Firefox versi 5 terbaru 2011, Download Internet Explorer 9 terbaru 2011, Download Opera 11 Terbaru 2011, Download google Chrome 12 Terbaru 2011]

Mozilla banyak meniru browser Google Chrome, dan rupanya pengembangnya rajin sekali merilis update dalam rentang waktu singkat. Mereka ingin menunjukkan bahwa Firefox lebih baik daripada Chrome. Apa betul Firefox lebih baik? Mari kita bandingkan.

Di Chrome 12, Google menang di fitur Voice-over-Internet Protocol (VoIP) yang mereka masukkan di browser, sementara Firefox tidak punya fitur ini. Tapi Firefox 5 punya fitur “Do Not Track” untuk mengatur privasi.

Selain itu Firefox 5 juga memperketat keamanan pada WebGL (Web-based Graphics Library)-nya. Peningkatan keamanan pada sektor ini penting mengingat keamanan WebGL Microsoft sempat diserang beberapa waktu lalu.

Tapi Firefox 5 masih punya kekurangan. Kerjanya masih belum stabil, dan loading-nya masih lambat, terutama pada Linux. Untuk mengujinya, coba saja gunakan ketiga browser (Firefox 5, Chrome 12, dan Internet Explorer 9) di komputer Linux dan Windows.

Dari ketiga browser tersebut, mana yang paling cepat?

Menurut pengujian, yang paling cepat masih Chrome, sedangkan Firefox menempati urutan kedua, dan IE masih yang paling lambat. Urutan yang sama juga berlaku dalam hal kemampuan ketiganya dalam menangani HTML5.

Kesimpulannya, dari segi fitur dan kemampuan, Firefox masih kalah dari Chrome. Firefox masih perlu diperbaiki. Walaupun di Firefox 4 dan 5 sudah banyak perbaikan, tapi belum maksimal.(teknologi.inilah.com)