Skip to main content

>Traffic Search Engine VS Traffic Blogwalking

>
Terkadang ide bisa datang dimana saja kapan saja seperti "jalangkung" datang tak di undang pergi tak di antar mrgreen, begitu pula dengan ide postingan kali ini tentang traffic blogwalking vs traffic search engine, ide ini muncul dari sahabat blogger saya Khery Sudeska yang seringkali “celetukannya” di form komentar merupakan sebuah ide yang mujarab untuk dituangkan dan dijadikan artikel.

Sebelumnya untuk meluruskan supaya jangan sampai terjadi pro kontra mengenai judul traffic blogwalking vs traffic search engine. Apabila dibaca sekilas judulnya mungkin sedikit provokatif bagi yang menyukai blogwalking. saya tekankan bahwa ini hasil dari pandangan dan pengalaman pribadi, dan saya bukan seorang pakar seo tapi hanya sekedar mengaplikasikan teknik seo “kuno” yang saya tahu lol ( jadi tidak diperkenankan untuk saling pro kontra, lebih baik enjoy reading aja. Diharapkan baca sampai tuntas mrgreen)

Traffic blogwalking vs traffic search engine sebetulnya 2 hal yang tidak bisa jadikan perbandingan karena yang satu ke utara yang satu lagi ke selatan. mungkin apabila judulnya traffic search engine vs traffic adsense lebih mendekati karena sama-sama mencari traffic yang tinggi

Menurut saya blogwalking adalah suatu aktivitas untuk saling mengenal antar sesama blogger baik itu blogger yang sudah senior maupun yang masih bau kencur (seperti saya) blogwalking adalah aktivitas untuk saling memberikan pandangan terhadap postingan di tiap blog oleh blogger lain untuk memberikan masukan yang lebih baik, blogwalking adalah ajang silaturahmi …..blogwalking adalah sebagai ajang tukar pikiran, blogwalking adalah sebagai aktivitas untuk memberikan komentar, blogwalking juga bisa dijadikan ajang untuk mencari backlink yang berkualitas supaya blog anda terlihat penting di search engine. Blogwalking merupakan cara untuk mengenalkan blog yang baru lahir kepada para blogger lain. Mungkin ada yang mau menambahkan lol ?

Dulu saya seringkali melakukan aktivitas blogwalking sampai seharian bahkan pernah sampai semalam suntuk, sampai-sampai mata serasa mau mencelat keluar melototin layar eek. Tapi ketika waktu harus berbenturan dengan aktivitas offline maka mau tidak mau ada skala prioritas harus memilih dan ada yang harus di korbankan, jadi dengan sangat terpaksa saya harus mengorbankan blogwalking. Aktivitas blogwalking dilakukan oleh blogger yang mempunyai waktu luang lebih banyak. Disini sudah mulai terlihat benang merah nya bahwa blogwalking bukan merupakan cara yang statis untuk meningkatkan traffic blog anda. Apabila anda tidak blogwalking maka traffic di bw pun akan turun begitu sebaliknya.

Sedangkan traffic search engine adalah dimana pengunjung blog anda menemukan artikel yang dicari melalui search engine, untuk meningkatkan traffic via search engine anda di wajibkan minimal mengetahui teknik seo dasar. Saya akan memberikan beberapa contoh blog yang sering saya kunjungi. Ada blog yang begitu sepi komentar, paling yang memberikan komentar di tiap artikel sekitar 2 sampai 7 komentar ketika saya cek daily visitornya bisa mencapai 6000-8000 kunjungan, woww ukuran yang banyak menurut saya, akhirnya penasaran saya tanya…apa rahasianya bisa banjir kunjungan begitu? Jawabannya cukup singkat…dia bilang “saya tidak begitu mengenal baik tentang teknik seo yang saya tahu hanya seo dasar, tapi saya mengenal baik bagaimana membuat beberapa content untuk diterbitkan tiap hari, jadi waktu saya di habiskan untuk membuat content daripada blogwalking” terus saya Tanya lagi…apa tidak mengalami kejenuhan tiap hari posting artikel bisa 3-4 artikel? Dia bilang…”tidak apabila mengingat bulan depan saya mendapatkan earning adsense lebih dari 10 juta/bulan, woww…saya terperanjak kaget! Ternyata penghasilan dari 1 blog aja bisa mencapai lebih dari 10 juta.

Ada satu lagi contoh blog. saya pernah pasang iklan ppc/kliksaya di blog tersebut (meskipun salah sasaran membuat biaya iklan saya jadi bolong tapi saya mendapatkan pengalaman berharga mrgreen ), blog nya mengupas tentang berita selebritis, akhirnya saya penasaran untuk bertanya …kok tiap hari update artikel selebritis? dia bilang…”karena saya hobby menulis apa yang saya tahu” saya penasaran untuk Tanya lagi..kok biaya iklan saya cepet gembos ya tiap kali pasang iklan diblog kamu, emangnya berapa earning ppc/bulan? Dia bilang…”pendapatan dari ppc/bulan paling kecil 4 juta, belum dari iklan mandiri, belum dari program monetasi lain” uuppss…saya langsung menelan ludah..pantes dia jadi malas mencari kerja tohh ngeblog sudah merupakan hobby sekaligus profesi untuk dia, dan penghasilannya sudah lebih dari cukup. Saya sangat respect terhadap mereka. Ternyata peluang penghasilan ada dimana-mana selama kita mau berusaha. Dengan menuangkan pengetahuan sederhana anda ke dalam tulisan bisa menjadikan anda mempunyai penghasilan seperti contoh yang telah saya sebutkan diatas.

Anda bisa menyimpulkan garis besarnya ternyata selalu mengupdate artikel di blog peranannya sangat penting terhadap peningkatan traffic via search engine. Jadi…apakah anda sering update artikel di blog ? hayoo jangan malas untuk update blog apabila anda mau sukses di jalur monetasi blog lol

Saya akan mengutip sedikit kata-kata yang begitu inspiratif dari Mario Teguh “menunda pelaksanaan sesuatu yang baik adalah memperpanjang keadaan tidak baik. Berapa banyak orang mengeluh kehidupannya tidak baik, lemah, tapi tidak melakukan sesuatu yang baru. Salah satu sikap yang salah dalam kehidupan ini adalah melakukan hal yang sama dengan cara-cara yang sama tapi menginginkan hasil yang beda”

Mudah-mudahan artkel ini bermanfaat…..mrgreen
lol