Skip to main content

Cara Berpromosi Menggunakan Email Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk/Program Affiliate

Saya pernah membahas bagaimana cara membangun opt-in (list building/email marketing) dan 9 cara mempromosikan produk affiliate. Kali ini saya akan mencoba mengulas cara berpromosi dengan menggunakan email marketing untuk meningkatkan penjualan produk affiliate.
Email tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi/surat menyurat secara elektronik, tapi lebih dari itu email juga dapat di fungsikan sebagai media promosi yang handal sekaligus efektif. Kenapa saya mengingatkan kembali kepada anda cara membangun opt in? karena yang saya coba ulas disini adalah cara berpromosi yang baik bukan cara berpromosi yang di anggap spam.

Saya ingat waktu pertama kali terjun ke dunia affiliate, karena masih kurang informasi dan teknik berpromosi via email, saya melakukan kiriman email ke ratusan email ke sembarang orang plus melakukan promosi email di forum-forum Ternyata apa yang saya lakukan itu melanggar etika pemasaran dunia online yang lebih dikenal sebagai SPAM!, berarti waktu dulu saya adalah pelaku spamer di forum-forum lol (hehe maaf karena tidak tahu). Bagaimana melakukan promosi melalui email supaya tidak dianggap spam? Ada beberapa cara dan diantaranya yaitu :

1.Gunakan Autoresponder
Dengan menggunakan autoresponder berarti ada proses konfirmasi bagi si penerima email yang berarti ada ijin selanjutnya bahwa email yang kita kirim telah mendapatkan persetujuan dari yang punya email. Ini jauh lebih baik daripada kita mengirim email ke sembarang orang tanpa tahu bahwa orang itu tertarik atau tidak.

2. Berikan Informasi yang dibutuhkan
Memberikan informasi yang mereka cari apapun itu bentuknya seperti video tutorial, audio,newsletter atau ebook informasi. Apabila informasi tersebut dibutuhkan maka dengan sukarela pengunjung akan memberikan email untuk mendapatkan informasi tersebut.

3. Atur isi email anda
Maksudnya adalah bahwa isi email di usahakan jangan terlalu panjang, lebih baik langsung ke pokok pembahasan, kemudian selain itu apabila anda melakukan pengiriman email secara berkala, usahakan waktunya di setting sesuai dengan kebutuhan misalnya 1 hari sekali pengiriman email atau 2 hari sekali.

4. Berikan Sentuhan secara Personal
Dengan memberikan sentuhan personal biasanya penerima email akan lebih menyukai kiriman email dari kita, contohnya adalah dengan menyebutkan nama pribadi si penerima email

Saya yakin rekan-rekan pasti sering mendapatkan email berupa penawaran tanpa anda minta, pasti anda kurang menyukai hal tersebut, nahh begitupun sebaliknya dengan orang lain pasti tidak akan menyukai, untuk menghindari hal tersebut mudah-mudahan tips singkat diatas dapat memberikan solusi anda dalam rangka promosi menggunakan email.