Skip to main content

>Apa Itu Backlink, dan Cara Mengetahui jumlah Backlink

>
Backlink atau tautan balik adalah link/tautan yang tersimpan di situs lain yang menuju ke situs/blog kita. Contohnya link www.juriginternet.com terdapat di situs anda. Berarti blog ini mempunyai backlink dari blog anda, begitupun sebaliknya. Ini salah-satu teknik SEO yang harus anda ketahui karena Semakin banyak backlink maka semakin penting situs kita dimata search engine terutama google.

Manfaat backlink sebetulnya sudah jelas di alinea pertama, tapi saya perjelas lagi lol yaitu sebagai ukuran tingkat kepercayaan di mata search engine karena semakin banyak backlink maka semakin besar peluang untuk meningkatkan page rank, semakin tinggi page rank ( skala 1-10) maka semakin penting.( Perlu diketahui page rank tidak selalu berbanding lurus untuk meningkatkan SERP)

Sekarang bagaimana caranya untuk mengetahui jumlah backlink yang menuju blog kita? Ada banyak situs yang memberikan fasilitas untuk mengetahui jumlah backlink, yang pertama sudah tentu google itu sendiri, caranya masuk ke google.com tinggal ketik “link: namablog.com” contoh “link:www.juriginternet.com” tanpa tanda petik.

Situs lainya adalah:
www.backlinkwatch.com
www.linkvendor.com
http://seopro.com.au/free-seo-tools/link-checker

Anda tinggal mengetikan nama blog/situs untuk mengetahui jumlah backlink. Diantara situs tersebut ada kelebihan dan tambahan yang lain. Untuk hasil pencarian biasanya agak berbeda diantara situs tersebut tapi tidak terlalu mencolok. Silahkan anda tes sendiri untuk mengetahui jumlah backlink