Skip to main content

Cara Membangun Opt-in (list building/email marketing) Dengan Autoresponder Freeautobot

Opt-in adalah sebuah form pendaftaran untuk mengumpulkan alamat email pengunjung menjadikan sebuah daftar miling list. Opt-in merupakan salah satu alat yang ampuh untuk email marketing khususnya mendongkrak traffic dan penjualan.
Banyak cara untuk membangun Opt-in, para internet marketer biasanya memberikan sebuah report, newsletter, kursus online atau sebuah ebook gratis yang dikirimkan ke alamat email yang mendaftar secara periodik. Bagaimana pengunjung mau memberikan alamat email tersebut? Seperti yang di sebutkan diatas yaitu pengunjung akan secara sukarela memberikan emailnya apabila anda memberikan sebuah informasi yang menarik dan ingin mereka ketahui.

Freeautobot adalah sebuah layanan autoresponder secara gratis yang akan membantu anda untuk membangun list email. Cara penggunaanya cukup mudah dan praktis, dan tingkat kecepatan pengirimannya juga lumayan bisa diandalkan meskipun berlabel gratisan. Cara settingnya yaitu :

1. Daftar ke freeautobot. Klik disiniuntuk mendaftar
Untuk proses pendaftaran saya asumsikan anda sudah tahu sebagaimana proses pendaftaran yang lain yang penting menggunakan alamat email yang valid. Setelah proses pendaftaran anda akan mendapatkan proses konfirmasi via email, kemudian login, anda akan masuk di menu home yang akan menampilkan sebuah statistik, alamat email berasal (email anda) , total list email dan total autoresponder.

2. Add Lead.
Adalah Kolom untuk menambahkan secara langsung daftar email tanpa proses konfirmasi. Untuk kolom ini lebih baik mendaftarkan email yang sudah anda kenal seperti teman anda. Jangan sekali-kali mendaftarkan email yang tidak anda kenal karena akan membuat jengah yang punya email, syukur-syukur merasa tertarik dengan kiriman anda, bagaimana kalau tidak?

3. Search Lead
Untuk mencari dan menampilkan daftar alamat email berdasarkan status, tanggal dan lain-lain. Di kolom ini anda bisa menghapus, memblock daftar email, atau bisa mendownload daftar email baru.

4. Message Control
Di dalam kolom message control ini anda dapat memasukan pesan yang akan anda kirim, berapa pesan yang akan anda kirim secara periodic misalnya 6 atau 7 pesan yang terkirim juga bisa memasukan link-link yang akan di download, di kolom ini anda bisa mengontrol waktu pesan yang dikirim misalnya 1 hari sekali 2 hari sekali, Untuk lebih personal anda bisa memasukan kode <%Name%> nanti di pesan akan muncul nama pribadi penerima email.

5 Help.
Setelah anda puas mensetting pesan yang akan dikirimkan. Untuk mengambil kode html form pendaftaran “nama” dan “ alamat email” anda masuk ke kolom Add Lead kemudian klik help yang ada di sebelah kanan kemudian copy kode seperti berikut :

<!---START OF ADD FORM-->

For more information please fill out this form:<br><br>
<form action="http://freeautobot.com/cgi-bin/autores/autores.cgi">
<input type=hidden name="do" value="add_lead_external">
<input type=hidden name="Username" value="USERNAME">
<input type=hidden name="Stop_Status" value="Active">
<input type=hidden name="Cycle_Number" value="0">
<input type=hidden name="Success_URL" value="http://freeautobot.com">
<input type=hidden name="Failure_URL" value="http://freeautobot.com/Failure.html">
<input type=hidden name="Notes" value="Added from opt-in form">
Name: <input type=text name="Name" value=""><br>
Email Address: <input type=text name="Email" value=""><br>
<input type=submit value="Submit">
</form>
<!---END OF ADD FORM-->

Ganti yang berwarna merah
Username: ganti username dengan username anda yang terdaftar di freeautobot
http://freeautobot.com: ganti dengan url situs anda, atau untuk terlihat professional buatlah halaman terima kasih telah mendaftar. Jangan lupa di logout apabila semuanya telah selesai.

Setelah semua proses diatas selesai sekarang silahkan terserah anda mau di simpan dimana mau di sidebar blog anda atau membuat situs baru berupa promo letter. Contoh promo letter yang saya buat silahkan klik disini. Sekarang Anda sudah siap untuk membangun Opt in list dengan autoresponder freeautobot