Skip to main content

>Dinamika Bisnis Internet, Sebuah Peluang Usaha Potensial yang Masih Dianggap Sebelah Mata

>
Perkembangan dunia internet semakin tidak terbendung lagi sudah masuk ke hampir semua lapisan masyarakat di dunia ini, internet sudah merupakan bagian dari kebutuhan hidup dan “makanan sehari-hari”. Begitupun dengan perkembangan bisnis melalui media internet, merupakan lahan yang begitu potensial karena populasi pengguna internet yang semakin meledak dari hari ke hari.

Dinamika bisnis internet di negara-negara yang lebih maju sudah menjadi lahan yang begitu produktif, lahan yang jadi bagian terpenting untuk menghasilkan profit. Bagaimana dengan di Indonesia?

Tidak demikian halnya perkembangan bisnis internet di Indonesia, meskipun populasi pengguna internet di Indonesia merupakan salah-satu yang terbesar di kawasan Asia, tapi penggunaan media internet masih banyak yang belum dioptimalkan dan dijadikan lahan usaha yang potensial. Kenapa bisa seperti itu?

Ada beberapa hal yang bisa saya catat selama ini yaitu

1. Kurikulum pendidikan kita masih menerapkan bahwa dengan sekolah hanya untuk mencari kerja bukan untuk menciptakan peluang dan lapangan kerja. Sehingga banyak yang berfikir lebih baik cari kerja yang jelas saja daripada sesuatu yang ga jelas, secara tidak langsung bahwa potensi bisnis melalui media internet dianggap sebelah mata.

2. Masih ada anggapan bahwa Bisnis melalui media internet merupakan bentuk penipuan gaya modern yang terorganisir, (wuiihh.. seremm amatlol ini hanya asumsi saya berdasarkan pengamatan, bukan merupakan kesimpulan), sehingga menyurutkan langkah calon pelaku untuk memulai terjun ke bisnis internet.

3. Masih ada segelintir para pelaku bisnis di internet yang menganut faham “take n run” atau kalo boleh saya mengadopsi bahasa sepakbola yaitu kick n rush, hanya untuk kepentingan sesaat, seperti dengan cara-cara penyampaian bahasa marketing yang begitu bombastis dengan hasil yang bombastis tanpa memberitahukan bagaimana sebuah proses tersebut dilakukan untuk mencapainya, sehingga tidak memberikan nilai edukasi dan pemahaman yang baik bagi calon pelaku bisnis internet(newbie) dan akhirnya mempunyai asumsi seperti point ke 2.

4. Sebagian masyarakat kita masih menganggap bahwa bisnis melalui media internet untuk orang-orang yang mengerti tentang IT, padahal sebetulnya tidak juga, malah banyak para pelaku bisnis internet yang sukses yang bukan dari latar belakang Teknik Informasi.


Ada beberapa tips sederhana dari saya supaya jangan menyurutkan langkah untuk para pemula yang mau terjun ke dunia bisnis internet.

1. Mulailah dari sekarang dari yang anda tahu, jangan sampai anda ketinggalan start, ketika orang lain mulai berbondong-bondong memanfaatkan media internet anda hanya bisa melihat dan menyesal.

2. Jangan takut untuk memulai karena takut salah, anda bisa lihat blog ini, banyak kesalahan yang begitu mendasar yang saya lakukan ketika memulai aktivitas blogging seperti:
  • Melakukan copy paste diawal ngeblog dan lupa mencantumkan sumbernya.
  • Tidak tahu cara mencantumkan link sumber artikel
  • Banyak menggunakan istilah yang salah.
  • Dan masih banyak kesalahan yang lainnya yang mungkin sampai sekarang belum disadari karena belum tahu lol
Tapi hal itu tidak menyurutkan langkah saya untuk terus berbagi informasi dan memonetize blog ini.

3. Apabila anda mau belajar bisnis internet, belajarlah dari sumber-sumber terpercaya, biasanya sumber terpercaya tersebut selalu mencantumkan identitas diri yang jelas dan alamat kontak yang bisa dihubungi.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk para calon pebisnis online supaya tidak menyurutkan langkahnya. Bagaimana dengan pendapat anda?