Skip to main content

>Tahapan Awal Monetasi Blog Untuk Pemula (Bag: 1)

>
Dunia blogging mengalami perkembangan yang semakin pesat, itu ditandai dengan banyak lahirnya blog-blog yang berbasis bisnis dan informasi, blog sekarang tidak hanya sebagai media “curhat” tapi lebih dari itu yaitu sebagai media informasi dan bisnis.

Untuk para pemula banyak yang masih kebingungan bagaimana tahapan awal monetasi blog. Sebetulnya ini yang paling krusial yaitu awal untuk memulai, karena ketika niat dan keinginan begitu menggebu tapi kebingungan cara memulainya harus darimana dan akhirnya banyak yang “kalah sebelum bertanding” yuk…mari kita lihat bagaimana tahapan awal monetasi blog untuk pemula

Sudah tentu anda harus mempunyai blog karena kali ini saya anggap anda(newbie) sudah paham dan mengerti bagaimana cara membuat blog, apabila anda belum tahu silahkan klik disini cara membuat blog (kamana wae atuh belum tahu bikin blog he..he..he )

Tahapan awalnya yaitu :

1. Tentukan topic/tema blog yang akan anda bangun, usahakan dengan topic yang anda kuasai dan pahami, sebetulnya banyak inspirasi di sekitar kita, apabila anda paham tentang dunia politik maka buatlah tema tentang politik, atau yang lainnya seperti tentang komputer, gadget bahkan tentang dunia seputar artis apabila anda sering nonton seputar gosip selebritis, silahkan anda tentukan dari sekarang dengan kata lain belajar sambil berjalan(learning by doing)

2. Buatlah content/isi/artikel blog yang menarik untuk dibaca dengan isi yang original, artinya lebih baik tulis dengan gaya anda sendiri meskipun anda terinspirasi artikel blog yang lain, semakin anda terbiasa menulis dengan gaya sendiri semakin lama anda akan terlatih dan mengalir mudah sesuai dengan gaya anda. Seandainya mau copas(copy paste) minta ijin dan cantumkan link sama yang punya artikel.( itulah bentuk etika dalam dunia blogging, karena saya sendiri pertama ngeblog hasil dari copas tanpa edit he..he.. Tapi ini tidak saya anjurkan)

3. Membangun traffic untuk blog anda. Para internet marketer selalu mengatakan traffic is money, no traffic no money, maka dari itu yang harus anda lakuan adalah
  • Berteman baik dengan search engine. Daftarkan blog anda ke sejumlah search engine seperti google, yahoo, bing dan yang lainnya, silahkan lihat daftar isi blog ini cara mendaftar ke search engine.
  • Bangunlah komunitas dengan sesama blogger pemula dan senior dengan cara blogwalking, bertukar link, memberikan komentar di setiap artikel, atau lewat situs jejaring sosial yang sekarang lagi menjamur.
  • Mengikuti forum-forum diskusi seperti kaskus dan yang lainnya
  • Dan banyak hal lainnya, karena membangun traffic terlalu panjang untuk di bahas disini, memerlukan bahasan yang terpisah.

4. Cari program monetasi blog yang sesuai dengan selera dan keinginan anda, banyak program monetasi yang menawarkan profit seperti program ppc, ptc, adsense, reseller, reviews dan yang lainnya. Untuk mengetahui program monetasi apa saja, silahkan buka kembali daftar isi blog ini.

Bahasan diatas bukan jaminan anda akan cepat mendapatkan profit dari blog, saya tekankan itu hanya sebagai tahapan awal karena bahasannya masih bersifat general, yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana membangun mental dan mindset anda untuk selalu mau belajar, konsisten, sabar dan action meskipun awalnya hanya satu langkah tapi kemudian akan menjadi beribu langkah, karena tidak ada program monetasi apapun yang membuat anda mendadak kaya hanya dengan ongkang-ongkang kaki (kecuali dapat warisan dari Bill Gates he..he.. ), semuanya butuh seperti yang telah di sebutkan diatas.

Tunggu kelanjutan artikel Tahapan Awal Monetasi blog Untuk Pemula (Bag 2) dan tentang bahasan bagaimana membangun mental seorang blogger..