Skip to main content

>Perbedaan Affiliate Program dan Reseller Program

>
Cukup sederhana perbedaan antara affiliate program dan Reseller program tapi sering kali newbie kurang memperhatikan. Berawal dari pertanyaan salah satu rekan saya yang mulai tertarik monetize di internet. Begini pertanyaannya (naon euy bedana affiliasi jeung reseller?) artinya apa bedanya affiliate sama reseller? nahh berangkat dari pertanyaan itulah akhirnya muncul ide untuk memposting perbedaan reseller dan Affiliate.

Perbedaannya adalah untuk program affiliate tidak ada biaya untuk menjadi anggotanya sedangkan program reseller harus membeli produk tersebut berarti ada biaya, kemudian baru menjual ulang(reseller).

Affiliate Program: Adalah program yang ditawarkan merchant(pemilik situs ) untuk menjual produk dari situs tersebut, cara menjadi affiliate marketing tidak dikenakan biaya, kita hanya mendaftar untuk menjadi affiliate. Komisi yang ditawarkan antara 5% sampai dengan 80%
Contoh situs luar yang menawarkan affiliate program adalah :
Amazon
Paydotcom
Clickbank

Reseller program: adalah program yang cara menjadi anggota harus membeli produk tersebut kemudian menjualnya kembali dengan nama reseller id masing-masing anggota. Biasanya yang menerapkan reseller program tersebut adalah jenis produk informasi seperti audio, video, ebook. Dan biasanya di kolom situs yang menawarkan program reseller tersebut selalu ada keterangan”dengan membeli produk ini anda berhak menjual kembali dengan komisi….% . Dan biasanya kembali lol komisi yang ditawarkan antara 20% sampai 80%
Contoh situs yang menawarkan Program reseller

Formulabisnis
Geniusbiz

Naah…yang kadang luput dari perhatian adalah ada situs yang menawarkan program reseller juga di modifikasi menjadi program affiliate. situs seperti ini yang seringkali para newbie menyamakan antara reseller dan affiliate (termasuk saya waktu pertama kali lol )
Contoh situs yang dimodifikasi dari reseller ke affiliate adalah:
Panduandasar
Maubisnisonline
Bebaspikiran

Sedangkan persamaan dari reseller dan affiliate adalah sama-sama menjual produk dari situs lain, dan kita mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Berhubung saya sudah ngantuk, maaf ya banyak kata yang kurang nyambung. Intinya seperti itu, pasti rekan-rekan lebih faham, apabila ada yang kurang, tolong di tambahkan di kotak komentar ya supaya rekan yang lain lebih ngerti :)

Selamat malam….waduh ternyata sudah mulai masuk dini hari
wassalam
ZZZzzzzzzzzzzz……………….