>
Pada posting kali ini saya akan menjelaskan tentang viral marketing, yang saya ambil dari ebook M. Asharyadi pengelola www.promosi-bisnis.com
Apa Viral eMarketing?
Sebenarnya kata 'viral' erat hubungannya dengan virus. Anda tahu khan virus dalam hal perkembangbiakannya yg begitu cepat!, Bayangkan kalau Anda dapat mengimplementasikan strategi pemasaran bergaya virus di internet, maka banyak orang akan dengan cepat mengetahui bisnis anda.
Inti dari "viral marketing" adalah strategi pemasaran yg dapat menyebabkan orang-orang membicarakan bisnis Anda di kalangan sosialisasi teman-teman mereka. Dalam dunia pemasaran offline, ini adalah semacam 'public relations' atau 'network marketing', yaitu memanfaatkan asosiasi atau jaringan teman-teman untuk menyebarkan pesan pemasaran tentang bisnis anda.
Dalam dunia internet, 'viral marketing' juga sama, yaitu memanfaatkan jaringan teman-teman sejawat yg mereka kenal untuk menyebarkan pesan-pesan pemasaran ttg bisnis online Anda, dan itu sangat ampuh karena menurut para sosiolog, bahwa umumnya satu (1) orang memiliki teman-teman dekat dan sering bergaul sebanyak 7 s/d 10 orang.
Maka Anda bisa bayangkan jika masing-masing juga memiliki 7 s/d 10 jaringan teman-teman! Pesan-pesan pemasaran Anda akan menyebar secepat virus. Dan ini memanfaatkan kemampuan 'klik' dari mouse, karena itu disebut juga sbg "mouse click marketing” atau “word of mouth marketing”.
Cara kerja viral marketing
Viral marketing seperti virus yang dapat menyebar kemana-mana, begitupun promosi bisnis anda dapat menyebar dalam waktu singkat, tanpa memerlukan usaha promosi pemasaran yang terlalu besar. Media dan objek yang digunakan oleh pemasaran konsep ini bervariasi.
Seberapa besar kekuatan viral marketing untuk bisnis anda?
Satu-satunya kekuatan yang dimiliki viral marketing adalah kemampuannya untuk menduplikasikan kegiatan promosi bisnis ke seluruh penjuru Internet. Jika anda menggunakan konsep viral, percikkan sedikit usaha promosi, maka selanjutnya promosi anda akan berkembang biak, menyebar dengan sendirinya.
5 faktor penting viral marketing
Jika anda ingin menggunakan konsep viral marketing sebagai strategi promosi, ada lima factor esensial yang harus dipenuhi, antara lain:
1. Anda membutuhkan pembawa pesan. Pembawa pesan yang bagus akan mampu mengebarkan informasi anda dengan mudah, cepat dan langsung menuju sejumlah besar prospek.
2. Anda membutuhkan mekanisme penyebaran yang benar. Mekanisme tersebut bisa berupa email, link, website, atau dari mulut ke mulut,
tergantung dari sifat alami kampanye anda.
3. Anda harus menyediakan insentif yang menarik untuk sang pembawa pesan sebagai timbal balik atas kesediannya menyebarkan pesan anda.
4. Anda harus membuat pesan tersebut bisa disebarkan dengan semudah mungkin oleh sang pembawa.
5. Anda harus memiliki ruang untuk penyebaran pesan anda. Misalnya: komunitas, group, atau jaringan yang memungkinkan pesan viral anda menyebar dengan cepat.
Apa Viral eMarketing?
Sebenarnya kata 'viral' erat hubungannya dengan virus. Anda tahu khan virus dalam hal perkembangbiakannya yg begitu cepat!, Bayangkan kalau Anda dapat mengimplementasikan strategi pemasaran bergaya virus di internet, maka banyak orang akan dengan cepat mengetahui bisnis anda.
Inti dari "viral marketing" adalah strategi pemasaran yg dapat menyebabkan orang-orang membicarakan bisnis Anda di kalangan sosialisasi teman-teman mereka. Dalam dunia pemasaran offline, ini adalah semacam 'public relations' atau 'network marketing', yaitu memanfaatkan asosiasi atau jaringan teman-teman untuk menyebarkan pesan pemasaran tentang bisnis anda.
Dalam dunia internet, 'viral marketing' juga sama, yaitu memanfaatkan jaringan teman-teman sejawat yg mereka kenal untuk menyebarkan pesan-pesan pemasaran ttg bisnis online Anda, dan itu sangat ampuh karena menurut para sosiolog, bahwa umumnya satu (1) orang memiliki teman-teman dekat dan sering bergaul sebanyak 7 s/d 10 orang.
Maka Anda bisa bayangkan jika masing-masing juga memiliki 7 s/d 10 jaringan teman-teman! Pesan-pesan pemasaran Anda akan menyebar secepat virus. Dan ini memanfaatkan kemampuan 'klik' dari mouse, karena itu disebut juga sbg "mouse click marketing” atau “word of mouth marketing”.
Cara kerja viral marketing
Viral marketing seperti virus yang dapat menyebar kemana-mana, begitupun promosi bisnis anda dapat menyebar dalam waktu singkat, tanpa memerlukan usaha promosi pemasaran yang terlalu besar. Media dan objek yang digunakan oleh pemasaran konsep ini bervariasi.
Seberapa besar kekuatan viral marketing untuk bisnis anda?
Satu-satunya kekuatan yang dimiliki viral marketing adalah kemampuannya untuk menduplikasikan kegiatan promosi bisnis ke seluruh penjuru Internet. Jika anda menggunakan konsep viral, percikkan sedikit usaha promosi, maka selanjutnya promosi anda akan berkembang biak, menyebar dengan sendirinya.
5 faktor penting viral marketing
Jika anda ingin menggunakan konsep viral marketing sebagai strategi promosi, ada lima factor esensial yang harus dipenuhi, antara lain:
1. Anda membutuhkan pembawa pesan. Pembawa pesan yang bagus akan mampu mengebarkan informasi anda dengan mudah, cepat dan langsung menuju sejumlah besar prospek.
2. Anda membutuhkan mekanisme penyebaran yang benar. Mekanisme tersebut bisa berupa email, link, website, atau dari mulut ke mulut,
tergantung dari sifat alami kampanye anda.
3. Anda harus menyediakan insentif yang menarik untuk sang pembawa pesan sebagai timbal balik atas kesediannya menyebarkan pesan anda.
4. Anda harus membuat pesan tersebut bisa disebarkan dengan semudah mungkin oleh sang pembawa.
5. Anda harus memiliki ruang untuk penyebaran pesan anda. Misalnya: komunitas, group, atau jaringan yang memungkinkan pesan viral anda menyebar dengan cepat.