Skip to main content

>Tentang Google Search Engine

>
Google Search Engine merupakan mesin pencari raksasa yang terpopuler dan terbesar saat ini. Banyak orang berlomba-lomba untuk masuk peringkat atas di Google dengan mempelajari teknik SEO (Search Engine Optimization). Mengapa Google begitu populer? Kalau kita lihat desain websitenya, terkesan sangat sederhana. Tidak ada iklan, gambar, maupun animasi. Terus apa kelebihan Google?

1. Hasil pencarian dari search engine Google sangat relevan, akurat dan disajikan dengan cepat pula. Hal ini berkaitan dengan sistem algoritma Google dan tehnologi PageRank-nya.

2. Kecepatan Spider Google bisa diandalkan dalam mengindex dan melist website. Jika kita mendaftarkan alamat situs ke Google, waktu yang diperlukan sampai alamat situs kita terindex sekitar 1-2 minggu. Google juga secara reguler mengindex ulang URL situs kita.

3. Proses pengindex-an Google jauh lebih cepat dibanding search engine lain. Bahkan pengeditan yang kita lakukan misalkan mengubah judul, mengedit kalimat dalam postingan, distribusi keyword, dsb dapat dengan cepat dikenali dan di-update oleh spider Google.

Hal-hal yang perlu diketahui mengenai Google:
a. Google memperhatikan Title atau judul halaman
Google memberikan bobot yang banyak pada tag title halaman saat mencari keyword. Sebaiknya kita menulis teks judul yang mengandung keyword dengan kalimat yang mewakili konten dan mengundang perhatian pengunjung. Buat sesingkat mungkin

b. Google tidak menggunakan Metatag
Google tidak memperhatikan metatag seperti metatag keyword atau metatag deskripsi karena teks dalam tag tersebut tidak bisa dilihat pengunjung. Tapi kebanyakan search engine lain masih menggunakan meta tag.

c. Google memperhatikan deskripsi pada beberapa baris pertama halaman kita
Hal ini berarti kita harus memiliki keyword dan kalimat yang tepat / relevan di bagian atas halaman (paragraf pertama).

d. Google mempertimbangkan kerapatan keyword
Kemunculan keyword yang sering dapat mencuri perhatian Google. Kita sebaiknya menyebar keyword dalam artikel kita. Tapi jangan terlalu banyak karena bisa dianggap spam.

e. Google memberi bobot besar pada kata-kata diantara tag heading
Pastikan menyimpan kata-kata yang paling penting di dalam tag-tag heading, sesering mungkin di seluruh halaman. Buat juga keyword yang muncul dalam tag bold (dicetak tebal).

f. Google mengindex Tag alt-image
Dulu Google mengindeks teks dalam tag alternatif image atau alt-image. Tidak diketahui apakah algoritma ini masih berlaku atau tidak. Namun tidak ada salahnya jika kita menaruh keyword penting dalam tag ini.

g. Menaruh keyword di dalam link ke situs kita
Relevansi halaman juga dapat ditingkatkan dengan menaruh keyword di dalam link-link yang menuju situs kita.

h. Keyword dalam link berpengaruh kuat pada tebakan setiap orang
Jika Anda melakukan tukar link, gunakan kode HTML yang menyertakan keyword yang tepat

i. Pahami Google PageRank
Untuk memutuskan situs mana yang lebih baik, Google menggunakan sistem PageRank. Untuk mengetahui level PageRank, kita dapat menggunakan Google Toolbar .

j. Google tidak begitu saja menghitung jumlah incoming link di halaman web
Google menganalisis halaman yang mendapatkan vote apakah berbobot atau tidak.

Itu sebagian algoritma yang digunakan Google, terutama dalam menempatkan urutan suatu situs di Google search engine.

Sumber: 164 Trik Jitu Mempopulerkan Situs Web (Ganesha Progress dan Rahmat Rafiudin)