Skip to main content

>Pengenalan Search Engine Optimization

> Apa itu Search Engine Optimization?

m3-15.JPG


Apa itu Search Engine Optimization?
• Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah strategi yang sangat kuat yang digunakan untuk mencapai peringkat tinggi web page dalam mesin pencari untuk syarat pencarian terkait yang bertujuan mendatangkan pengunjung online yang ditarget pada satu website.
• Sebuah kampanye SEO yang sukses dapat membuat sebuah website memposisikan dirinya untuk mencapai kemunculan dalam mesin pencari secara maksimal.
• Hal ini bisa membuat pemilik website mencapai kelompok-kelompok pengunjung online baru, secara internasional.


4 Langkah Untuk Mencapai Peringkat Top 10 Mesin Pencari

• Langkah-langkah untuk mencapai peringkat top dalam mesin pencari dpat dirangkum sebagai berikut:
• Langkah #1 - Identifikasikan online market anda
• Langkah #2 - Selidiki persaingan online anda
• Langkah #3 - Bangun web page sehingga mesin pencari dapat dengan mudah menemukan situs anda – dan ketahui yang mendasari keywords website anda
• Langkah #4 - Temukan website yang bertema mirip dalam internet dan buat mereka membuat link ke website anda dan/atau kembangkan sumber konten luar untuk mendapatkan lompatan link alami ke website anda


3 Langkah Sukses Riset Keyword untuk SEO


Langkah 1 – Buat Daftar Awal Keyword
• Buat gagasan sebuah daftar keyword atau minta daftar awal keyword dari klien anda
• Jelajahi ide-ide keyword dari:
• Pakar Industri
• Brosur Produk
• Kumpulan Istilah
• Publikas industri, majalah
• Lakukan Riset Kompetisi dan Keyword
• Gunakan alat-alat keyword berikut ini:
• TheDowser Keyword Harvester
• TheDowser for Google Suggest

Langkah 2 – Perluas Daftar Keyword
• Sebelum memperluas daftar keyword anda, pertama kelompokan keyword awal menjadi kelompok-kelompok dengan tema yang lebih ketat
• Berikutnya, perluas daftar awal keyword anda, kelompok demi kelompok menggunakan alat-alat keyword:
• Overture Keyword Tool
• Google AdWords Keyword Tool
• Wordtracker
• Keyword Discovery
• TheDowser
• Tujuan dari perluasan daftar awal keyword anda adalah untuk mendapatkan keyword yang lebih berhubungan dan spesifik dan variasi umumnya.

Riset keyword yang lebih spesifik (mengandung root word)
• digital photography – digital photography tips
Riset keyword yang berhubungan (synonym/persamaan)
• digital photography – digital SLR, digital photo
Penambahan Variasi Keyword
• Singular vs. Plural (photo vs. photos)
• Mis-spellings (photography vs. photogarphy)
• Split vs. Merged (photography vs. photo graphy)
• Hyphens (photo-graphy)
• Apostrophes (photos vs. photos’)
• Domain names (www.digitalphotography.com)
• Abbreviation (single lens reflex vs. SLR)
• US vs. UK (digital optimization vs.digital optimisation)
• Country/City (Singapore, New York)


Langkah 3 – Tentukan Persaingan dan Keuntungan Keyword
• Kepopuleran Keyword (Permintaan/Demand)
• Persaingan Keyword Di Google (AllInTitle :)
• 10 Pesaing Top Di Google
• Keyword Effectiveness Index (KEI)
• Jumlah Pemasang Iklan Pay-Per-Click
• Bid Price dari Iklan PPC

Bagaimana Menganalisa Persaingan Anda

• Metode #1: Menggunakan perintah pencarian allintitle:
• Ada beberapa tehnik untuk menganalisa persaingan anda.
• Pendekatan termudah adalah menggunakan perintah pencarian allintitle:
• allintitle: mengungkap jumlah web page dalam index Google’s yang mengandung keyword pada label title
• Untuk menentukan jumlah dari web page yang mengandung keywords pada label title, cukup masuk ke http://www.google.com dan ketik allintitle:keyword dalam kotak pencari


• Metode #2 – Melakukan Analisa Link
• Metode efektif yang lain adalah analisa link yaitu pembelajaran dari kualitas lompatan link pada website pesaing anda – karena hal inilah alasan utama mengapa web page berperingkat tinggi dalam mesin pencari
• Yahoo lebih dipilih untuk analisa link daripada Google karena Google cenderung tidak menyediakan informasi link yang lengkap
• Untuk menganalisa link pada ke sebuah website, masuk saja ke http://www.yahoo.com dan masukkan link:http://www.yourdomain.com pada kotak pencari – Ini akan mengarahkan permintaan anda ke Yahoo! Site Explorer (lihatlah contoh di bawah ini)

Yahoo! Site Explorer - Contoh

m3-16.JPG



Yahoo! Site Explorer - Contoh


• Jika anda ingin menampilkan semua link kecuali yang berasal dari domain anda sendiri, pilih pilihan ‘Except from this domain’


m3-17.JPG