Skip to main content

>Mengenal Program Afiliasi

>

Arti dari affliate itu sendiri adalah menggabungkan, jadi program afiliasi adalah salah satu bentuk pemasaran yang merekrut para marketer (pemasar) untuk memasarkan suatu produk dengan cara bergabung terlebih dahulu kepada pemilik web/situs(affiliate merchant). Atau kalo boleh saya mengutip istilah lain....affiliate program adalah sama dengan calo.

Pemilik web/situs biasanya disebut Affiliate merchant, para pemasar disebut Affiliate marketer, serta calon pembeli biasanya disebut lead atau prospect.( untuk lebih jelasnya silahkan buka artikel yang terlebih dahulu saya posting( Kumpulan istilah-istilah dalam internet marketing)

Untuk setiap afiliasi (mediator) yang bergabung, pemilik situs (merchant) akan memberikan satu atau beberapa link banner yang menerangkan produk yang dijual. Untuk menjadi afiliasi/reseller biasanya bermacam-macam, ada yang menggratiskan langsung menjadi afiliasi dengan hanya mendaftar anggota saja atau dengan cara membeli produk tersebut secara otomatis anda menjadi afiliasi. Saran saya adalah bergabunglah dengan situs yang menawarkan afiliasi gratis, karena anda adalah pebisnis online bukan penyumbang/donatur J tanpa mengesampingkan citra perusahaan, seperti contoh: google adsense, amazon.com, paydotcom, ebay, dll. Mereka adalah salah-satu perusahaan yang menawarkan program afiliasi secara gratis.

Biasanya pemilik merchant akan menerapkan bermacam-macam pesentase komisi terhadap mediator, ada yang dari 5% sampai 90%, tergantung anda untuk memilih mana yang paling cocok dengan blog/situs anda. Saran saya kembali …bekerja samalah dengan perusahaan yang tidak menawarkan komisi rendah.

Jangan membuang-buang waktu hanya untuk mendapatkan komisi yang rendah, dengan pertimbangan sudah berapa uang yang anda keluarkan untuk membangun Blog/situs apabila hanya iklan-iklan yang terpampang menawarkan komisi rendah.

Cara memulai program afiliasi bukan hal yang sulit, tapi juga bukan hal yang mudah, di usahakan anda memulai dengan mencari program afiliasi yang sesuai dengan topik blog anda, meskipun tidak ada keharusan yang mutlak, tetap saja apabila calon pembeli yang mengunjungi situs/blog anda akan merasa kebingungan karena topik tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Bagaimana...??apakah anda sudah mengerti tentang affiliate program?