Skip to main content

Pengenalan Riset Keyword

Keywords (atau susunan keyword) adalah dasar untuk bisnis internet marketing anda. Anda perlu mengetahui keyword yang berhubungan dengan produk yang anda promosikan atau niche yang anda tuju karena mereka memainkan peranan penting dalam menentukan apakah anda mentarget market yang tepat dan apakah content yang anda buat (dalam hal content publishing) berkaitan dengan pengunjung online anda.

Apa Itu Riset Keyword?

“Riset Keyword adalah Pembelajaran Pencarian Yang Digunakan Pengunjung Online Sesungguhnya Pada Berbagai Seacrh Engine, Untuk Mencari Informasi, Produk Atau Jasa”
’ Siklus Hidup’ Keyword

Sebuah keyword dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok utama:

Browsing Keywords
· Umumnya susunan keyword satu atau dua suku kata

· Volume Pencarian Besar

· Bukan produk atau merek yang spesifik

· Contoh: digital camera, digital SLR

Comparison Keywords /Perbandingan
· Susunan keyword dua suku kata atau lebih

· Volume Pencarian Sedang

· Modifikasi Keyword : Compare, Review

· Contoh: Canon digital camera review, Canon digital SLR

Buying Keywords /Pembelian
· Susunan keyword dua atau lebih suku kata

· Merek, Nama Produk & Model Produk Spesifik

· Modifikasi Keyword : Buy, Best Price, Cheap, Second Hand, Fake

· Contoh: Canon IXUS 800, Buy Canon Powershot

Contoh ‘Siklus Hidup’ Keyword

Untuk lebih memahami pentingnya “Siklus Hidup Keyword” dan bagaimana pengaruhnya terhadap marketer online, pertimbangkanlah scenario berikut ini - John ingin membeli sebuah kamera digital secara online, tapi tidak tahu apapun mengenai kamera digital.a Langkah apa yang John perlukan untuk melakukan riset mengenai kamera digital?

Yah, pada permulaan proses riset John, ia mungkin akan menggunakan kata-kata yang lebih luas (yaitu browsing keyword) untuk mengetahui lebih banyak mengenai kamera digital. Ia mungkin mencari dengan kata-kata seperti ‘digital camera’ atau ‘digital SLR’ sebagai contohnya.

Begitu John mendapat pemahaman yang lebih baik mengenai kamera digital, ia mungkin akan menemukan banyak merek-merek terkenal dunia memproduksi kamera digital yang bagus. Dengan sekian banyak merek dan model kamera digital untuk dipilih, ia akan harus memperkecil pilihan kamera digitalnya dengan membandingkan merek yang berbeda dan bahkan model dalam satu merek yang sama.

Ia juga akan mencari tinjauan-tinjauan untuk kamera digital. Jadi ditahap ini, ia akan mencari dengan menggunakan keyword pembanding seperti ‘digital camera review’ atau ‘canon digital camera review’.

Pada akhirnya, John memutuskan ia menyukai antara Canon IXUS 800 atau Canon Powershot kamera digital, jadi dia mencari di web menggunakan kata-kata seperti ‘canon ixus 800′ atau ‘cheap canon powershot’. Tahap ini disebut ‘tahap membeli’ dan keyword yang spesifik untuk produk atau jasa tersebut disebut ‘buying keyword’.

( Catatan: Proses tipe ini dari awal riset sampai tahap membeli bisa memakan waktu berjam -jam atau berminggu-minggu)

Sebagai marketer online, bagaimana kita menggunakan pengetahuan kita mengenai "Siklus Hidup Keyword" untuk membuat lebih banyak uang dan penjualan secara online?

Yah, jika anda masuk ke affiliate marketing dimana anda hanya mendapat bayaran saat sebuah penjualan terjadi (yaitu pay per sale), maka anda hanya akan ingin mentarget seorang pembeli, bukan seorang peneliti yang tidak siap untuk membeli.

Masuk akal?

Dalam kasus ini, daftar target keyword anda harus terdiri dari hanya ‘buying keywords’.

Sedikitnya, sebuah ‘buying keyword’ harus terdiri dari:

merek + nomor model

Sebagai contoh:

canon tx1

canon ixus 800

Mengerti?

jika tidak, baca baik-baik artikel ini sekali lagi!