Skip to main content

>Bagaimana Menggunakan Google Adwords

>• Konsep-konsep kunci untuk Google AdWords
o Keywords:
Keyword adalah kata atau kata-kata yang dimasukkan oleh pemakai ke dalam kotak pencari search engine. Juga dikenal sebagai syarat pencari, keyword digunakan oleh marketer Search Engine Marketers untuk Paid & Organic Search Engine Optimization
o Impressions
angka impresi adalah jumlah berapa kali sebuah iklan dimunculkan di Google atau pada situs atau produk dalam jaringan Google.
o Clicks
Klik (biasa disebut clickthroughs) menunjukkan banyaknya klik yang dibuat pengguna pad iklan yang ditampilkan.
o CTR - Clickthrough rate (CTR) adalah jumlah klik yang diterima iklan anda dibagi dengan jumlah pemunculan iklan anda (impressions).
o Daily Budget
 Adalah jumlah uang yang anda sediakan pada kampanye AdWords yang spesifik dalam satu hari.

• Search/content network placement
o Iklan bisa ditampilkan pada hasil pencarian Google atau dalam isi website partner melalui teknologi pencocokan pencarian Google

• Max/Average CPC (Rata-rata CPC)
o Jumlah rata yang harus anda bayar setiap kali iklan anda diklik. Average CPC ditentukan dengan menjumlahkan biaya semua klik dibagi dengan jumlah klik.
o Contohnya: jika iklan anda menerima 2 klik, satu dengan biaya $0.10 dan satu dengan biaya $0.20, maka average CPC untuk klik tersebut adalah $0.15.
o Maximum cost-per-click (CPC) adalahjumlah tertinggi yang berani anda bayar untuk sebuah klik iklan anda. Anda bisa mengatur maximum CPC untuk level keyword- atau level kelompok iklan. AdWords Discounter secara otomatis mengurangi jumlah ini sehingga CPC aktual yang harus anda bayar hanya satu sen lebih banyak dari biaya minimum seperlunya untuk menjaga posisi anda pada halaman hasil pencarian.

• Average Ad Position
o Adalah perkiraan peringkat iklan anda pada halaman hasil pencarian. 1.0 adalah peringkat tertinggi. (Karena ini adalah posisi rata-rata,anda mungkin akan melihat angka pecahan seperti 1.2 atau 7.4.)

• Tutorials
o http://www.google.com/adwords/learningcenter

• Konsep Pencocokan AdWords
o Broad Match
o Phrase Match
o Exact Match
o Negative Keywords

• Broad Match - Ini adalah pilihan umum. Jika anda memasukkan keyword atau susunan keyword umum - seperti "digital cameras"- dalam daftar keyword anda, iklan anda akan muncul saat permintaan pengguna mengandung kata "digital" dan "cameras", dengan susunan apapun, dan mungkin bersama dengan kata-kata lain. Iklan anda juga secara otomatis muncul untuk pencocokan yang lebih luas, termasuk bentuk jamak dan variasi yang berkaitan.
• Phrase Match - Jika anda memasukkan keyword anda dalam tanda kutip, persis seperti "digital cameras", iklan anda akan muncul saat pengguna mencari dengan susunan "digital cameras", dengan urutan yang sama, dan mungkin dengan kata-kata lain yang disyaratkan. Sebagai contoh, iklan anda akan muncul untuk permintaan "canon digital cameras" tapi tidak untuk "cameras digital".
• Exact Match - Jika anda masukkan keyword anda dalam tanda kurung-persis seperti [digital cameras]-iklan anda akan muncul saat pengguna mencari dengan susunan khusus "digital cameras", dengan urutan yang sama, dan tanpa kata-kata yang lain. Sebagai contoh, iklan anda tidak akan muncul untuk permintaan pencarian "canon digital cameras".
• Negative Keywords - Anda dapat mencegah semua kampanye untuk muncul pada pencarian tertentu dengan menerapkan negative keyword. (Negative keyword mengandung tanda ‘-’ di depan kata keyword.) Sebagai contoh, negative keyword -free memerintahkan sistem AdWords untuk tidak menampilkan iklan anda untuk pencarian yang menggunakan kata ‘free’ (contoh free digital cameras). Dengan menyaring impresi yang tidak diinginkan, negative keyword membantu anda mendapatkan prospek yang paling layak, mengurangi cost-per-click (CPC) anda, dan meningkatkan ROI anda.